Langkah I  

Ada petuah bijak mengatakan, segala sesuatu dimulai dari langkah pertama. Begitu juga dengan pergumulanku dengan wordpress ini. Berikut ini yang sudah saya lakukan dengan wordpress.

1. Ubek-ubek semua fasilitas wordpress (dashboard). dari mulai cara posting sampai ganti themes.

2. Mencoba instalasi wordpress di komputer kita. Ini agak susah nih

a. download wordpress versi terbaru dari situs resmi mereka.

b. ekstrak file tersebut (ada 2 pilihan, .zip dan .tar.gz) Untuk pengguna windows karena sudah terbiasa menggunakan .zip pilih yang .zip aja. Bagi pengguna linux bisa pilih salah satu.

c. Download aplikasi appserv dari situs resmi mereka (googling aja). setelah itu lakukan instalasi appserv sesaui dengan yang ditulis dalam readme.

d. login ke /localhost/phpmyadmin

e. masukkan usernam dan passw sesaui dengan setting instalasi anda pertama kali.

f. buat database baru, namai wp-config (cukup sampai langkah create php file) isian tentang blank database di-ignore aja.

g. cari dimana folder appserv Anda tadi install, copykan folder wordpress (hasil ekstrak .zip tadi dalam bentuk folder) ke direktori appserv Anda.

h. Kalau Anda berhasil akan ada konfirmasi untuk klik install.php setelah itu ikuti langkah-langkah sesuai petunjuk (dalam bentuk wizard).

i. Selesai? Berarti Anda sudah berhasil melakukan instalasi wordpress di komputer lokal Anda. Untuk cek, buka browser favorit Anda (firefox yaa). Masukkan url: localhost/wordpress

j. Olala muncullah dashboard / halaman wordpress Anda (tapi ingat ini masih offline lhoo). Kalau mau online, cari webhosting/domain untuk melakukan upload semua konfigurasi Anda ke drive mereka (biasanya copy semua folder wordpress).

k. Setelah itu, ketikkan domain Anda di url. sebagai contoh sopier.com dan lihat apakah websites Anda sudah aktif dengan menggnakan engine WP (wordpress).

l. Mudah kan? tidak perlu skill IT khusus kalau hanya untuk membuat website dengan engine wordpress.

m. Selamat mencoba!!

0 komentar: to “ Langkah I