Yasinan: Alternatif Terapi Stress  

Hari ini yasinan diadakan di rumahnya pak Tamsir Rahadi, depan Balai RW. Diikuti oleh bapak-bapak sekitar 25 orang dan kebetulan saya termasuk anggota termuda :). Seperti biasa pak Sofyan membuka acara dengan kalimat pembuka yang tentunya sudah sering kita dengar. Kemudian dilanjutkan dengan membaca surat Yasin dan Ar-Rahman yang dipimpin oleh pak Arsyad Kosasih dan diakhiri dengan doa bersama.
Acara selanjutnya dan yang saya tunggu-tunggu adalah "turunnya" hidangan dari shohibul bayt, hehehe maklum tadi belum sempat makan malam :) Acara makan selesai, kotak infaq diputar dan akhirnya selesai deh
Kejadian yang lucu adalah keluhan si bapak-bapak ini ketika mau bangkit dari duduk lesehnya. Hampir semua mengeluh dan berucap "balung tuo, balung tuo" yang dalam bahasa Indonesia analog dengan "Tulang tua, tulang tua". Hal ini mereka ucapkan karena untuk berdiri dari duduknya selama kurang lebih 1.5 jam membutuhkan tenaga tersendiri. Ibarat mobil sepertinya olinya sudah tidak bekerja dengan sempurna sehingga persendian menjadi kaku. Kontan ucapan spontan dari hampir seluruh bapak-bapak ini yang dibarengi dengan susahnya mereka ketika mau berdiri membuat saya tersenyum kecil dan membayangkan "mungkin 30 tahun lagi saya akan berujar hal yang sama???" :)
Kejadian lucu kedua, yakni Pak Edi yang kebingungan mencari sandalnya ketika hendak pulang. Ada satu sandal tertinggal dan jelas itu bukan punya beliau karena "kekecilan" katanya. Spontan ada bapak yang teriak "Siapa yang sandalnya kegedhean??" Hampir semua bapak-bapak tersebut melihat kaki mereka masing-masing dan bilang "nggak kok" Hanya pak Arsyad yang keliatan senyum-senyum, sepertinya punya beliau tertukar dan benar saja, Sandal Mas Edi tertukar dengan punyanya Pak Arsyad. Herannya pak Arsyad juga gak merasa kalau sandalnya tertukar padahal bukan sandal jepit lho???
Mungkin memang karena sudah berumur, jadi tidak terlalu memperhatikan barang yang biasa dipasang di kaki tersebut.
Kejadian-kejadian lucu dan unik tersebut benar-benar bisa membuat semua yang hadir tertawa lebar dan lepas. Sampai ada yang bilang (pak Puguh), ini benar-benar manjur buat ngilangin stress, gratis pula!
Apakah benar 2 hal itu ada hubungannya?? Yang jelas memang forum-forum yasinan banyak sekali membawa manfaat baik itu kepada ibadah kita pribadi kepada Allah SWT maupun ibadah kita kepada sesama. Silaturahmi memanjangkan umur! Itu benar adanya...
Wallohu 'alam bishshowab